Cara Setting LAN 2 Komputer

Dalam artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai cara koneksi dengan setting  LAN 2 komputer agar dapat tergabung dalam satu jaringan tertentu. Lalu bagaimana cara settingnya? Mari kita terus simak artikel ini.

Local Area Network atau lebih sering disingkat dengan LAN merupakan salah satu jenis jaringan yang diartikan sebagai jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil biasanya terbatas dalam satu gedung saja. Pengertian dari jaringan sendiri adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Dari pengertian jaringan seperti ini kita dapat mengartikan bahwa ketika kita memiliki dua komputer di rumah atau di kosan misalnya, kita dapat menghubungkan kedua komputer tersebut sehingga dapat saling berbagi data dengan mudah dan bahkan bagi anda pecinta software, dapat berbagi software melalui setting LAN dua komputer atau lebih.

http://1.bp.blogspot.com/_ZiV0Jrgx1eQ/SVGflaLIIJI/AAAAAAAAAVI/IfiaUGqKNco/s320/5.jpg
Ada 4 langkah utama yang dapat kita lakukan untuk dapat menghubungkan dua komputer ke dalam satu jaringan yakni jaringan default dari kabel ISP, setting Windows agar dapat melakukan share koneksi, pengaturan IP address pada setiap LAN Card dan menghubungkan LAN kedua. Mari kita bahas satu per satu dari keempat langkah tersebut.

  • Jaringan default dari kabel ISP
 ISP melalui TV kabel lalu pilih cable modem kemudian pilih LAN Card komputer pertama yang nantinya dijadikan komputer utama. Pastikan komputer pertama telah terhubung ke internet dan sudah dapat dipergunakan untuk browsing.

  • Setting Windows Untuk Share Koneksi 2 Komputer
 Klik menu start lalu pilih Programs, pilih Accressories, pilih Communications dan kemudian pilih Network Setup Wizard. Secara default akan terpilih LAN Card komputer yang telah terhubung ke internet. Klik tombol Next hingga proses selesai. Ketika anda diminta untuk menyimpan ke disk, pilih No. Langkah ini telah selesai. Anda perlu memastikan pula 2 komputer yang terhubung ke cable LAN  terpilih. Opsi ini ada pada bagian setting  LAN Properties di opsi Internet Connection Sharing. Beri tanda centang pada opsi “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”.

  • Setting IP pada setiap LAN 2 Komputer Tersebut
Pada komputer 1 setting default-nya biasanya Obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS Server Address Automatically. Maka ubah pengaturannya menjadi:



Lakukan pengaturan IP pada komputer lain yang akan dihubungkan ke komputer 1 (komputer 2) dengan pengaturan berikut:

  • Hubungkan Kabel LAN 2 Komputer
Hubungkan kedua komputer dengan menggunakan sistem cross. Yang anda perlukan adalah kabel UTP dan konektor RJ-45. Anda dapat memperolehnya di toko komputer ataupun di toko yang menjual peralatan listrik. Harga kabel UTP yang murah sekitar Rp. 5.000 per meter dan RJ-45 antara Rp. 1.000 hingga Rp. 2.500. Untuk setting LAN 2 komputer jarak dekat, sepertinya Rp 10.000 sudah cukup.

Selanjutnya, Anda memerlukan crimping tool dan network tester bila ada. Khusus untuk crimping, harganya cukup mahal sekitar Rp. 100.000 tapi anda dapat meminjamnya jika ada yang memilikinya.

Untuk Anda yang belum tahu bentuk Crimping Tool, berikut bentuknya :


Cara Mengetahui DNS

Klik menu Start lalu pilih Settings kemudian pilih Control Panels dan pilih Network Connections. Dobel klik pada kabel LAN Card yang terhubung ke internet. Klik tab Support maka akan muncul tombol detail dimana anda dapat memperoleh DNS Dynamic yang diberikan oleh ISP anda.

Cara Setting Kabel
UTP


Untuk keperluan ini, kita perlu untuk menggunakan kabel berjenis cross (bersilang), urutan warnanya:

  •  Di ujung yang satu: white green – green – white orange – white brown – brown – orange – blue – white blue
  •  Di ujung yang satunya lagi: white orange – orange – white green – blue – white blue – green – white brown – brown

Sementara urutan kabel straight di kedua ujung urutannya: white orange – orange – white green – blue – white blue – green – white brown – brown. Setelahnya, kunci kabel LAN 2 komputer tersebut dalam RJ-45 dengan crimping tools.

Catatan Setting LAN 2 Komputer

Pergunakan kabel cross untuk menghubungkan setting LAN Card pada komputer 1 dan komputer 2.

Pergunakan kabel straight untuk menghubungkan cable modem dengan setting LAN Card komputer 1.


|Selamat mencoba...Semoga bermanfaat|



¡Compártelo!

0 komentar:

Poskan Komentar

Cari

Memuat...
 
™BERBAGI ILMU...why not!!™ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger